MAHASISWA UNRAM MAMPU MEWAKILI INDONESIA DI LEVEL ASIA

2013-07-27_093450Kunjungan duta besar Korea Selatan untuk Indonesia, Mr. Kim Young-Sun ke Universitas Mataram pertengahan tahun lalu berlanjut pada kerja sama antara Universitas Mataram dengan Kedutaan besar Korea Selatan untuk Indonesia dalam bentuk undangan untuk mengikuti Youth Camp for Asia’s Future 2012 yang diadakan di Korea Selatan selama 15 hari. Sehubungan dengan hal tersebut, Office of International Affair (OIA) Unram mengadakan seleksi untuk memilih satu mahasiswa yang akan menjadi salah satu dari delapan delegasi Indonesia pada program Youth Camp for Asia’s Future 2012. Proses seleksi yang dimulai ditingkat fakultas tersebut menitikberatkan pada penguasaan bahasa inggris serta pengalaman mahasiswa dalam bidang akademis maupun nonakademis. Hasil wawancara akhir yang dilakukan OIA Unram memutuskan Sausan Nafisah, mahasiswa matematika FMIPA Unram sebagai wakil Unram yang dalam rombongan delegasi Indonesia pada program Youth Camp for Asia’s Future 2012.

Youth Camp for Asia’s Future 2012 merupakan suatu program yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dunia, khususnya negara-negara Asia terhadap Korea. Program yang merupakan agenda tahunan  Kementrian Keluarga dan Kesetaraan Gender Korea Selatan (MOGEF) bekerjasama dengan Organisasi Kepemudaan Korea Selatan (NCYOK) mempertemukan pemuda-pemuda dari kawasan Asia. Sebanyak 189 peserta dari 24 negara Asia berkumpul selama 15 hari mulai tanggal 6 hingga 20 Agustus 2012 untuk mengikuti beberapa kegiatan inti yang mengangkat isu budaya dan hubungan internasional antarnegara Asia serta pembelajaran seputar masyarakat dan perkembangan Korea. Setiap kontingen negara juga diwajibkan membawakan satu kesenian daerah pada Asian Traditional Performance Festival dan membuat makanan khas negara asal yang ditampilkan pada kegiatan Asian Traditional Food Festival. Pada kesempatan ini, delegasi Indonesia menampilkan tari Mae-uku yang berasal dari Maluku dan menghidangkan Rendang, nasi goreng dan martabak pada kegiatan Asian Traditional Food Festival. Selain itu, para delegasi berkesempatan mempromosikan pariwisata negara asal melalui Asian Landmark Photo Exhibition.

2013-07-27_094815Selama camp berlangsung, para peserta berkesempatan untuk mengunjungi pabrik Hyundai yang bertempat di daerah Asan, mengunjungi Jeonju Hanok Village, Yeosu international Expo 2012, pulau Jeju, Changdeok Palace, Sungai Han, Seoul Tower serta menikmati keramaian kota Seoul di Myeongdong dan Insa-dong. Para peserta juga berkesempatan untuk belajar bahasa dan budaya Korea di Hankuk University of Foreign Studies.

Berkumpulnya para pemuda se-Asia ini membawa harapan agar terjalin hubungan yang lebih baik dan peningkatan pemahaman (mutual understanding) antar pemuda sebagai the agen of change, penerus tonggak peradaban bangsa. Keikutsertaan pemuda NTB dalam kegiatan internasional semacam ini diharapkan dapat meningkatkan peran pemuda NTB untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan masyarakat serta peningkatan keterampilan dalam pemahaman budaya, komunikasi internasional, dan menghormati perbedaan serta mampu membawa euforia kepada pemuda NTB lainnya untuk terus berprestasi dan tidak apatis terhadap perkembangan Indonesia ataupun dunia. Di tengah arus globalisasi dan era informasi dan teknologi yang tengah berkembang pesat, diharapkan agar kedepannya lebih banyak lagi mahasiswa UNRAM yang berpartisipasi dalam kegiatan semacam ini melalui kerja sama Internasional yang tengah gencar digalangkan di Universitas Mataram. Rektor Universitas Mataram Prof. Sunarpi sangat bangga ternyata adik-adik disiplin ilmu eksakta dari Program Studi Matematika justru mempunyai kemampuan komunikasi internasional yang sangat tinggi dan mampu bersanding dengan universitas-universitas besar lainnya baik di Indonesia maupun di level Asia, selamat datang duta besar Provinsi NTB di Asia Youth Camp, semoga mahasiswa-mahasiswa yang lain dapat mengikutinya. Rektor Unram melalui PRIV yang telah memberi dukungan yang besar pada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi akademik seperti ini meminta kepada Sausan Nafsiah yang Alumni SMA 1 Dompu ini, untuk menulis pengalamannya secara lengkap akan dibukukan dalam Direktori Mahasiswa Berprestasi Universitas Mataram agar dapat dicontoh oleh mahasiswa-mahasiswa yang lain, ayo berpacu mengejar prestasi siapa lagi yang akan mengharumkan nama Unram dan NTB serta Indonesia di Forum Dunia (Bagian Kerjasama Universitas Mataram).