Kuliah Umum Menteri KPDT di UNRAM

2013-06-25_073821

Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia Ir. Ahmad Helmy Faisal Zaini, dalam rangkaian kunjungannya di Provinsi NTB pafa hari Sabtu 22 Juni 2013, menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum di Universitas Mataram. Kuliah Umum yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Yusuf Abubakar tersebut, dihadiri oleh Rektor Universitas Mataram Prof. H. Sunarpi, para Pembantu Rektor dan Dekan, ketua program studi dan seluruh jajaran struktural di Universitas Matarm serta perwakilan mahasiswa dari seluruh Fakultas di Lingkungan Universitas Matarm dengan jumlah peserta 250 an orang. Menteri Ir. Ahmad Helmy Faisal Zaini menyampaikan materi dengan judul : Pembangunan Indonesia Peluang dan Tantangan. Dalam pemaparannya Helmy Faisal Zaini menyampaikan potensi dan kekayaan alam Indonesia yang sedemikian besar, namun belum bisa mensejahterakan rakyatnya.

Dari 240 juta penduduk Indonesia, masih terdapat 28 juta yang masih dibawah garis kemiskinan. Sebagai perbandingan beliau menyampaikan bahwa luas wilayah Indonesia masih lebih luas dari seluruh negara di Uni Eropa, namun di negara-negara tersebut tidak ada penduduknya yang miskin, yang ada hanya disparitas pendapatan diantara penduduknya. Negara tetangga Singapura, tidak memiliki sumberdaya alam dan kebutuhannya justru banyak didatangkan dari Indonesia, namun memiliki APBN jauh lebih besar dari Indonesia. Beliau mengatakan Indonesia belum secara optimal dapat mengelola kekayaan alamnya terutama keindahan alamnya. Keindahan alam Indonesia yang begitu indah dan mempesona kurang mendapat promosi di luar negeri, sehingga jumlah wisarawan yang mengunjungi Indonesia tiap tahunnya tidak lebih dari 8 juta wisatawan. Bandingkan dengan Malaysia kata beliau, jumlah penduduknya 22 juta namun jumlah wisatawannya mencapai 28 juta setiap tahunnya.

Persoalan yang dihadapi Indonesia kata beliau terletak pada kualitas sumberdaya manusianya. Itulah sebabnya kementerian yang beliau pimpin menggandeng Perguruan Tinggi, termasuk Universitas Mataram untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat daerah tertinggal di NTB dan NTT melalui program Perdesaan Sehat. Dalam kegiatan Pedesaan Sehat di NTB dan NTT, Unram dijadikan Center Excelent dalam pengembangan Pedesaan Sehat pada tahun 2013 dan 2014.

Kuliah umum yang berlangsung lebih kurang 120 menit tersebut berjalan dengan lancar, walaupun sempat pada awal penyampaian kuliah terjadi gempa yang membuat sebagian hadirin berhamburan keluar ruangan. Namun setelah suasana tenang kembali dan peserta kembali memasuki ruangan, Menteri A. Helmy Faisal Zaini melanjutkan kuliahnya.